Indikator
  • Undercontruction
Ketahanan Informasi Nasional

Ini Harapan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka di Hari Olahraga Nasional

Home / Peristiwa - Nasional / Ini Harapan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka di Hari Olahraga Nasional
Ini Harapan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka di Hari Olahraga Nasional Tim Pendaki dari Kwarnas Gerakan Pramuka dan Vanaprastha mengabadikan puncak Eiger, Swiss (3970 m) dan Puncak Grands Montets (3233 m), Perancis dengan spanduk Pancasila, Dasa Darma Pramuka dan Visit Indonesia (Foto: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESBANDUNG, JAKARTA – Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault menyebut olahraga dapat membentuk karakter. Di Hari Olahraga Nasional ini, Adhyaksa juga memiliki harapan kepada generasi muda, khususnya anggota Gerakan Pramuka seluruh Indonesia. 

“Olahraga itu membentuk karakter, menjadikan kita selalu ingin membahagiakan orang lain. Selamat Hari Olahraga Nasional,” kata Adhyaksa Dault di Perancis saat dihubungi, Sabtu (9/9).

Karenanya, ia mengajak generasi muda, termasuk Pramuka di Tanah Air untuk rutin berolahraga. Sebab, manfaat olahraga tak hanya dirasakan oleh yang bersangkutan, tetapi juga orang lain.

Adhyaksa menambahkan, masyarakat biasa mendengar kata-kata “Mens sana in corpore sano” atau dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Menurut Menpora Periode 2004-2009 ini, kata-kata itu bukanlah sebuah pernyataan, melainkan sebuah harapan.

“Karena tidak selamanya orang yang punya badan sehat dengan sendirinya jiwanya sehat. Tapi kalau orang jiwanya sehat biar badannya cacat dia bisa membuktikan untuk mengibarkan bendera Merah Putih,” ujar Adhyaksa berapi-api.

Bahkan, kata dia, tidak sedikit orang yang badannya cacat tetapi mampu mengibarkan bendera Merah Putih di puncak gunung. Cacat fisik bukanlah halangan baginya.

“Saya tidak mengharapkan generasi muda yang muncul, generasi muda yang berjiwa sakit. Oleh karenanya mens sana in corpore sano adalah suatu pengharapan,” tegas Adhyaksa.

Dia bercerita, Tim Pendaki dari Kwarnas Gerakan Pramuka dan organisasi pecinta alam Vanaprastha berhasil mengabadikan puncak Eiger, Swiss (3970 m) dan Puncak Grands Montets (3233 m), Perancis dengan spanduk Pancasila, Dasa Darma Pramuka dan Visit Indonesia. Ekpedisi ini bertajuk "BRI - Gerakan Pramuka - Vanaprastha untuk Merah Putih; Promosi Indonesia Pada Puncak-Puncak Dunia."

Rencananya pada Sabtu, 9 September 2017, tim melanjutkan perjalanan ke Puncak Mont Blanc (4810 m) yang merupakan puncak tertinggi di Eropa Barat.

"Selain bertujuan mengibarkan bendera merah putih, Pramuka dan Vanaprastha juga berfoto dan membuat video tentang Pancasila, Dasa Darma Pramuka dan Visit Indonesia. Ini semua bagian dari Program Promosi Indonesia pada Puncak-Puncak Dunia," pungkasnya.(*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com