Indikator
  • Undercontruction

Ekonom Senior Sarankan Jokowi Belajar Kelola Uang dari Kubilai Khan

Home / Peristiwa - Daerah / Ekonom Senior Sarankan Jokowi Belajar Kelola Uang dari Kubilai Khan
Ekonom Senior Sarankan Jokowi Belajar Kelola Uang dari Kubilai Khan Anwar Nasution dalam sebuah Diskusi. (FOTO:Alfi Dimyati/TIMES Indonesia)

TIMESBANDUNG, JAKARTAEkonom senior, Mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Anwar Nasution, menyarankan Pemerintah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk belajar mengelola uang atau dana negara dari pendiri dinasti Yuan, Kubilai Khan.

Pasalnya, di zaman Kubilai Khan, kekuatan ekonomi bangsa itu sangat memengaruhi ekonomi asing.

Hal tersebut dikarenakan bangsa itu kuat dari segi industri lokal dan pendapatan pajak yang baik.

"Belajar dari kubilai khan, Pajak harus masuk, Eskpor harus naik. Tanpa itu tidak mungkin (kita) bisa bayar utang. Karena itu hitang luar negeri," katanya saat berdiskusi dalam Tajuk 'Menyikapi Polemik Utang di indonesia' di Kwik Kian Gie Scholl Bisnis, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Selain itu, pemerintah Jokowi juga harus membenahi sistem administrasi pemerintahan. "Mari benahi admisitrasi negaranya," tuturnya.

Menurut dia, ketika nantinya Jokowi benar-benar menaikan Pajak, dampak langsungnya masyarakat dan pengusaha akan merasa sakit. Akan tetapi dampak dalam jangka panjang, negara benar-benar kuat.

"Jangka pendek memang sakit. Harga-harga akan meningkat. Tetapi dalam jangka panjang negaramu tidak akan hancur. Karena tidak berhutang (tidak bergantung pada negara luar)," ujarnya.

Sekedar informasi, Utang luar negeri (ULN) Indonesia pada kuartal I-2018 tercatat US$ 358,7 miliar atau setara dengan Rp 5.021 triliun (kurs Rp 14.000).

Mengutip data dari statistik utang luar negeri Indonesia (SULNI) periode Mei 2018 utang luar negeri pemerintah kuartal I tercatat US$ 181,13 miliar atau sekitar Rp 2.535,8 triliun. Jumlah ini meningkat dibandingkan periode Februari 2018 sebesar US$ 177,85 miliar. Karenanya, Presiden Jokowi diminta belajar kelola keuangan negara ke Kubilai Khan(*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com