Jokowi Beri BLT Rp 600 Ribu Per Bulan untuk Warga Miskin

Home / Berita / Jokowi Beri BLT Rp 600 Ribu Per Bulan untuk Warga Miskin
Jokowi Beri BLT Rp 600 Ribu Per Bulan untuk Warga Miskin Presiden RI Joko Widodo. (Istimewa)
Fokus Berita

TIMESBANDUNG, JAKARTAPresiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyetujui program bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 600 ribu per bulan untuk membantu ekonomi keluarga kurang mampu selama masa pandemi virus corona atau Covid-19. Program BLT ini akan dibagikan pemerintah mulai April ini sampai tiga bulan ke depan.

"Presiden menyetujui usulan kami untuk memberikan bantuan langsung tunai atau disingkat BLT selama tiga bulan, dengan indeks juga Rp 600.000 per keluarga," ujar Menteri Sosial (Mensos RI) Juliari Batubara dalam konfrensi pers usai rapat dengan Presiden di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Program BLT ini, lanjut Juli, akan diberikan kusus kepada keluarga kurang mampu di wilayah luar Jabodetabek. Sementara untuk di wilayah Jabodetabek, bantuan diberikan dalam bentuk paket sembako senilai Rp. 600 ribu yang juga akan di bagikan setiap bulan.

Mengenai kriteria calon penerima BLT, menurut Juli akan mengacu pada data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Dengan syarat, bahwa yang bersangkutan sedang tidak menerima bantuan sosial lain seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Pra Kerja, dan Bantuan Pangan Non Tunai.

"Jadi calon-calon penerima BLT ini adalah seluruh keluarga yang ada di data kami plus nanti kami minta tambahan data-data dari Pemda tersebut yang sekarang ini atau saat ini tidak terima bansos seperti PKH, BPNT, atau kartu prakerja," jelasnya.

Untuk mekanisme di dalam pendistribusian akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah. Menurut Menteri Keuangan (Menkeu RI) Sri Mulyani, penerima progaram BLT ini  kurang lebih sekitar 9 juta keluarga.

"Di luar Jabodetabek ada 9 juta keluarga. Yang tambahan Jakarta masih dibersihkan datanya yaitu yang diusulkan dapat BLT secara tunai 600 ribu jangka waktunya dipikirkan 2 atau 3 bulan," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com