Wah, Kabupaten Cirebon Bakal Punya Islamic Center Senilai Rp 1 Triliiun

Home / Berita / Wah, Kabupaten Cirebon Bakal Punya Islamic Center Senilai Rp 1 Triliiun
Wah, Kabupaten Cirebon Bakal Punya Islamic Center Senilai Rp 1 Triliiun Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Cirebon, Abdulatip (Foto: Devteo MP/TIMES Indonesia)

TIMESBANDUNG, CIREBONKabupaten Cirebon bakal memiliki pusat keagamaan yang terpusatkan di Islamic Center. Rencananya pembangunan yang konon bakal menelan anggaran Rp 1 triliun lebih itu berdiri di Kelurahan Pejambon, Kecamatan Sumber.

"Rencana Islamic Center itu sudah sejak tahun 2019. Cuman tertunda karena penetapan lokasi (penlok)," ucap Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Cirebon, Abdulatip, Selasa (30/6/2020).

Saat ini Bupati Cirebon beserta Sekda Kabupaten Cirebon setuju apabila pembangunan Islamic Center itu berada di Kelurahan Pejambon, Kecamatan Sumber karena tanah di kelurahan tersebut itu sudah tersedia dengan luasan lahan yang proporsional.

"Dipilihnya lokasi itu karena disitu sebagai penunjang sport center Watubelah. Jadi jika sport center ada kegiatan maka islamic center ini akan difungsikan," ungkapnya.

Kemudian, fungsi lain dari Islamic Center ini adalah untuk tempat pemberangkatan haji. Masih kata dia, asrama haji yang saat ini dimiliki Pemda kondisinya sudah tidak berfungsi.

"Nantinya di situ juga bisa digunakan untuk manasik haji dan keagamaan lainnya, bahkan Bupati juga minta ada SMP dan SMA terpadu di lokasi tersebut. Yang terbaru, gedung LPTQ dan Baznas juga nanti ditempatkan di Islamic Center, pusat kegiatan keagamaan kumpul di situ semua," tambahnya.

Masih dikatakan Latip, menurut informasi yang ia terima dari konsultan pembangunan Islamic Center tersebut minimal lahan yang akan dibutuhkan untuk pembangunan lokasi seluas 13 hektare. Sedangkan tanah milik Pemda yang sudah ada yakni 8,4 hektare, artinya tinggal sedikit lagi.

"Kata konsultan tidak mesti harus full 13 hektare, akan tetapi kejelasan tempat atau lokasinya dulu saja. Ada 5 hektare dulu langsung dikerjakan. Konsep sudah semua, tinggal penetapan lokasi saja," katanya.

Jika sudah ada penetapan lokasi, rencana akan dibangun 3 tahap. Semua anggaran juga dari donatur, pemkab tidak mengeluarkan anggaran sama sekali.

"Untuk pembangunan Islamic Center. Pemkab hanya menyediakan yang penting ada tanah dan ketersediaan air saat pembangunan. Itu yang diinginkan konsultan," beber Setda Kabupaten Cirebon. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com