Ini Spesifikasi Mobil Dinas Wakil Presiden RI yang Viral karena Isi BBM dengan Jeriken

Home / Berita / Ini Spesifikasi Mobil Dinas Wakil Presiden RI yang Viral karena Isi BBM dengan Jeriken
Ini Spesifikasi Mobil Dinas Wakil Presiden RI yang Viral karena Isi BBM dengan Jeriken Mobil RI 2 (FOTO: Flickr)

TIMESBANDUNG, JAKARTA – Sebuah potongan video tentang mobil RI-2, yang diisi dengan menggunakan jeriken viral di media sosial. Mobil dinas Wakil Presiden RIKH Ma'ruf Amin, diduga  kehabisan BBM di tengah jalan. Dalam rekaman tersebut, mobil yang digunakan adalah mobil Mercedes-Benz hitam. 

Mobil Mercedes-Benz yang digunakan terebut merupakan tipe S-600 Guard. Menurut informasi dari situs resmi Daimler, Mercedes-Benz S 600 Guard merupakan mobil yang memberikan perlindungan menyeluruh dengan tingkat proteksi level VR9 (level eropa). S600 Guard juga menggunakan suspensi AIRMATIC dan mesin 12 silinder.

S 600 Guard sendiri merupakan salah satu varian dari Mercedes-Benz Guard. Mercy Guard memiliki model lain seperti varian E, M dan G-Class. Mercy mengklaim bahwa S 600 Guard tidak memiliki titik lemah. Perlindungan khusus S 600 Guard mengikuti prinsip perlindungan terintegrasi berdasarkan pengalaman bertahun-tahun Mercedes-Benz dalam membangun kendaraan perlindungan khusus.

Mobil ini memiliki kekuatan dan stabilitas yang luar biasa berkat penguatan spesifik dari struktur dasar yang terintegrasi ke dalam tahap produksi bodyshell. Mobil ini juga dilengkapi sasis baja pada bodi dan lapisan tertentu pada kaca hingga ban jenis Run Flat yang bisa tetap dipakai dalam kondisi darurat atau kempis sekalipun. Tingkat kenyamanan yang canggih dan cerdas dari semua elemen pelindung yang ada pun menjadi daya tarik tersendiri bagi mobil ini.

S 600 Guard juga dilengkapi dengan inovasi teknologi terbaru. Seperti Driver Assistance PLUS, atau sistem bantuan DISTRONIC PLUS. Di mana pengemudi bisa dimudahkan dengan adanya teknologi Stop & Go Pilot, Rem BAS PLUS, Active Blind Spot Assist, Active Lane Keeping Assist, PRE-SAFE Brake dengan pengenalan pejalan kaki, dan rem parkir listrik. 

Ada juga fitur Night View Assist Plus, Sistem Lampu Cerdas LED, dan Kamera 360. Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti kursi di belakang dan di sisi penumpang depan memiliki sandaran kaki dan bantal. Selain itu, kursi belakang juga memiliki sistem multicontour, yang bisa membuat penumpang mengatur mode penghangat dan pijat. Mobil ini juga menyediakan telepon bisnis di bagian belakang dengan handset dan layar sentuh. Ada juga lampu baca dengan teknologi LED.

Sementara itu, pada dapur pacu Mercedes-Benz SS 600 Guard menghadirkan mesin bensin V12, yang mampu menghasilkan 530 hp dan torsi 830 Nm. Mobil ini dibekali transmisi otomatis 7G-TRONIC. S-Guard juga mengklaim bahwa konsumsi bahan bakar secara otomatis akan lebih hemat saat mobil dalam kondisi pelarian dari zona berbahaya atau menghadapi ancaman.

Fitur lain yang membuat Mercedes-Benz S 600 Guard disebut sebagai salah satu mobil dengan tingkat keamanan tertinggi adalah fitur tangki bahan bakar self-sealing, yang diklaim anti bocor dan bisa memadamkan api. Adapun kapasitas tangkinya ialah 80 liter.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar pun menyebutkan bahwa video yang beredar tersebut, terjadi saat Wapres Maruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, pada 8 Juli 2020. Namun, mobil tersebut bukanlah mobil yang digunakan Wapres RI Maruf Amin.

"Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM," kata Oemar dalam keterangan resmi, Sabtu (11/7/2020).

Oemar menjelaskan, dalam setiap rangkaian VVIP selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi. Saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, maka digunakan BBM cadangan yang telah disiapkan.

"Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi," sambungnya. 

Sebagai informasi, pada Rabu lalu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim serta Menteri Agama Fahrul Razi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan melakukan peninjauan ke SMAN 4 Kota Sukabumi, Balaikota Sukabumi dan Pesantren Assobariyyah, Kota Sukabumi.

Wapres dan rombongan berkendara dari Jakarta sejak pukul 07.30 pagi dan tiba di Sukabumi sekitar pukul 09.30 WIB. Reporter Republika pun berkesempatan mengikuti rangkaian kegiatan Wapres saat itu di Sukabumi, dan Wapres Ma'ruf nampak menumpangi kendaraan VVIP jenis Alphard, bukan mercy seperti viral di media sosial.

Adapun video yang beredar memperlihatkan mobil dinas Wakil Presiden RI melakukan pengisian bensin dengan jeriken. Mobil Mercedes-Benz S 600 Guard itu, mengisi BBM di pinggir jalan depan Pesantren Assobariyyah, Kota Sukabumi, tempat Wapres KH Ma'ruf Amin berkunjung.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com