Ketua PWNU Jawa Timur Resmikan Gedung KH M Tolchah Hasan Unira Malang

Home / Berita / Ketua PWNU Jawa Timur Resmikan Gedung KH M Tolchah Hasan Unira Malang
Ketua PWNU Jawa Timur Resmikan Gedung KH M Tolchah Hasan Unira Malang Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar meresmikan Gedung Unira Malang bersama Rekto Unira Malang dan forkopimda saat meresmikan gedung KH Tolchah Hasan. (Foto : Binar Gumilang / TIMESINDONESIA)

TIMESBANDUNG, MALANGKetua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar meresmikan Gedung Unira Malang (Universitas Islam Raden Rahmat) yang diberi nama KH M Tolchah Hasan, Rabu (19/6/2019).

Peresmian gedung tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh KH Marzuki Mustamar. Dalam peresmian itu dihadiri unsur Forkopimda dan tokoh NU Kabupaten Malang.

Yakni Plt Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM, Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, Ketua MUI Kabupaten Malang, KH Fadhol Hija Ketua PCNU Kabupaten Malang, Rektor Ura Malang, Dr Hasan Abadi Map dan Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, H Ali Ahmad (Gus Ali).

Selain peresmian gedung tersebut juga sekaligus diadakan silaturahmi serta halal bihalal keluarga besar PCNU Kabupaten Malang dan Badan Otonom (Banom) PCNU Kabupaten Malang.

"KH Tolchah Hasan merupakan sosok yang penting dalam pendidikan di Kabupaten Malang. Sehingga nama beliau memang layak diabadikan melalui gedung di Unira ini," ujar KH Marzuki Mustamar, kepada TIMES Indonesia.

Menurutnya, almarhum KH Tolchah Hasan yang baru saja berpulang ke Rahmatullah telah banyak mendarmabaktikan diri pada bidang pendidikan di Kabupaten Malang bahkan di Indonesia

"Beliau merupakan pakar pendidikan dan penghasil kader-kader yang luar biasa," pujinya.  Apalagi kata dia, Unira juga merupakan Kampus Unira Malang  juga diinisiasi KH Tolchah Hasan.

Sementara itu, Rektor Unira Malang, Dr Hasan MAp menjelaksan awal mula gedung tersebut diberi nama Gedung KH Tolchah Hasan.

"Maestro pendidikan di Malang adalah beliau (almarhum KH Tolchah Hasan). Termasuk yang menginisiasi kampus Unira ini," tuturnya.

Menurutnya, pada saat KH Tolchah Hasan Majah hidup, pihaknya pernah mengajukan namanya untuk digunakan sebagai nama gedung tersebut.

"Saat itu beliau enteng aja menjawabnya. Aku masih hidup, apa iya gedungnya dinamakan orang yang masih hidup," tuturnya.

Namun, ketika KH Tolchah Hasan sudah wafat kata dia, maka sudah sepantasnya gedung tersebut dinamakan gedung KH Tolchah Hasan.

"Kita ingin pemikiran dari KH Tolchah Hasan diimplementasikan serta diwujudkan melalui gedung ini. Gedung ini digunakan mahasiswa untuk kuliah mengemban ilmu," tuturnya.

Selanjutnya, Dr Hasan Abadi MAp juga berterimakasih kepada Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar meresmikan Gedung KH Tolchah Hasan di Unira Malang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com