Gejala Terinfeksi Virus Corona di Minggu Pertama

Home / Gaya Hidup / Gejala Terinfeksi Virus Corona di Minggu Pertama
Gejala Terinfeksi Virus Corona di Minggu Pertama (FOTO: Glutera.com)

TIMESBANDUNG, JAKARTA – Berbagai penelitian di dunia menyebut gejala virus Corona atau Covid-19 tak lagi batuk dan bersin. Hilangnya indra perasa dan penciuman sampai mata memerah juga disebut-sebut sebagai awal dari gejala Corona. Selain demam, pasien Corona dilaporkan mengalami gejala lain yang muncul pada minggu pertama.

Beberapa Gejala di Minggu Pertama

Gejala infkesi virus Corona bisa muncul dalam waktu 2–14 hari setelah terpapar virus Corona, tetapi kebanyakan penderita Covid-19 merasakan gejala setelah 11–12 hari.
Gejala yang terjadi di minggu pertama biasanya ringan. Berikut ciri-ciri terinfeksi virus corona COVID-19 pada minggu pertama dirangkum 

Gejala-Terinfeksi-Virus-Corona-2.jpg

1. Merasa lelah

Kelelahan termasuk ciri-ciri orang terinfeksi virus corona COVID-19. Tubuh terasa letih untuk beraktivitas seperti biasanya.

Kelelahan biasanya muncul ketika otot-otot yang ada di dalam tubuh menjadi tegang. Lalu, menurunnya fungsi otak untuk melakukan berbagai rutinitas setiap harinya.

2. Pegal-pegal

Selain itu, pegal-pegal termasuk ciri seseorang tertular Covid-19. Pada gejala ini, tubuh merespon dengan mengirimkan sinyal ke otot-otot yang ada di seluruh tubuh untuk meradang guna memerangi virus yang masuk ke dalam tubuh.

Seseorang yang terinfeksi Covid-19 pada pekan pertama akan merasakan sakit yang berlebihan pada otot dan jaringan di sekitarnya.

3. Batuk kering

Batuk kering juga menjadi ciri seseorang terinfeksi Covid-19. Pada fase ini, virus disebut sudah mulai menginfeksi saluran pernapasan.
Orang tersebut mengalami batuk kering dan rasa gatal di tenggorokan sebagai bentuk infeksi virus. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh akan mengirim respon apabila terdapat patogen yang masuk ke dalam tubuh dengan batuk.

4. Demam

Orang yang terinfeksi Covid-19 pada minggu pertama akan merasakan demam yang tinggi. Terjadinya peningkatan suhu tubuh di atas normal dikisaran 38 derajat celcius ke atas. Jika suhu tubuh di atas 37,5, sebaiknya harus waspada karena kemungkinan besar itu merupakan gejala corona.

Tak heran, deteksi dini yang dilakukan biasanya mengecek suhu tubuh dengan thermal gun di beberapa tempat umum. Meski beberapa kasus terjadi tanpa gejala.

5. Tak nafsu makan

Sebagian orang yang terinfeksi Covid-19 mengalami gejala seperti hilangnya nafsu makan. Sebab, infeksi corona menyebabkan perut terasa tidak nyaman, mual, dan diare.
Namun, gejala ini jarang ditemukan dan tidak khas terjadi pada orang yang mengidap Covid-19.

Siapa yang Berisiko Mengalami Infeksi Virus Corona?

Sesuai protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia, ada 2 kriteria orang yang berisiko mengalami infeksi virus Corona, yaitu:

1. Pernah kontak dengan pasien positif Covid-19

Yaitu berada dalam satu ruangan yang sama atau berjarak 1 meter dengan penderita, dalam 14 hari terakhir

2. Pernah berada di daerah endemis Covid-19

Baik di dalam maupun di luar negeri, dalam 14 hari terakhir

Jika Anda memenuhi salah satu dari kriteria di atas dan mengalami gejala-gejala yang mengarah ke Covid-19, lakukan isolasi mandiri dan hubungi hotline Covid-19 di 119 Ext. 9 untuk mendapatkan arahan lebih lanjut.

Hindari langsung memeriksakan diri ke rumah sakit karena justru bisa meningkatkan risiko Anda tertular atau menularkan virus Corona ke banyak orang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com