Kampung Wisata Cisangkal Pangandaran, Agrowisata dan Wisata Berbasis Masyarakat

Home / Gaya Hidup / Kampung Wisata Cisangkal Pangandaran, Agrowisata dan Wisata Berbasis Masyarakat
Kampung Wisata Cisangkal Pangandaran, Agrowisata dan Wisata Berbasis Masyarakat Kampung Wisata Cisangkal Pandandaran Jawa Barat yang berlokasi di Desa Bangunkarya, Pangandaran Jawa Barat. (FOTO: Haikal for TIMES Indonesia)

TIMESBANDUNG, PANGANDARANPangandaran sebagai Kabupaten pemekaran di Jawa Barat terus mengembangkan berbagai potensi wisata. Ini sejalan dengan visi Pangandaran yaitu sebagai kabupaten tujuan wisata berkelas dunia. Berbicara Pangandaran pasti lebih identik dengan pantainya. Namun, kali ini terdapat juga agrowisata dan wisata berbasis masyarakat yaitu, Kampung Wisata Cisangkal yang berlokasi di Desa Bangunkarya.

Kampung wisata ini masih terus dalam tahap pengembangan menjadi wisata yang edukatif dan menyenangkan.

Menurut Sukaedin, salah seorang pengelola sekaligus pencetus Kampung Wisata Cisangkal mengatakan wisata di sini sangat variatif dan edukatif.

“Di Kampung Wisata Cisangkal kita bukan hanya bersenang-senang foto sana-sini lalu kembali pulang, di sini wisatawan dapat belajar berbagai macam seperti bertani, berternak, menari Ronggeng, dan belajar gamelan kesenian Sunda. Ini menjadi kelebihan tersendiri dibanding wisata yang lainnya,” kata Sukaedin, Minggu (9/08/2020).

Kampung-Wisata-Cisangkal-Pandandaran-a.jpg

Selain itu, di Kampung Wisata Cisangkal juga menawarkan agrowisata panen Durian.

“Di sini kita menawarkan agrowisata, yaitu panen Durian. Pohon Durian di sini bukan sembarang pohon, pohon di sini usianya sudah lebih dari satu abad dan bahkan sekali panen satu pohon bisa mencapai seribu buah. Ini menjadi keunikan tersendiri,” terang Riza, salah seorang akademisi pendamping wisata setempat.

Kampung Cisangkal berupaya untuk memberi pengalaman yang berbeda dibanding wisata biasanya. Di tempat ini ada wahana untuk mengedukasi wisatawan dengan berbagai kegiatan masyarakat yang ada. Selain itu, tentunya terdapat spot untuk bersenang-senang.

Salah satunya terdapat sungai yang panjang dan tidak dalam, ini cocok untuk kiciprak-kiciprik (jalan-jalan sambil main air). Di sisinya disuguhi pemandangan sawah dan perkebunan warga yang hijau yang memanjakan mata. Setelah jalan-jalan bermain air jauh, dilanjutkan dengan ngalemeng (menanak nasi dalam bambu).

Kampung-Wisata-Cisangkal-Pandandaran-b.jpg

Wisatawan yang hadir ke lokasi agrowisata dan wisata berbasis masyarakat ini, pasti akan selalu teringat dengan pengalaman dan berbagai kegiatannya yang variatif, edukatif dan menyenangkan. “Saya sangat senang bisa hadir ke Kampung Wisata Cisangkal, selain untuk kebutuhan feed instagram foto-foto hehe, saya juga belajar banyak, mulai dari cara bertani, berternak dan budaya Sunda,” terang Haikal, wisatawan yang datang ke Kampung Wisata Cisangkal Pangandaran Jawa Barat ini. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com