Ragam Manfaat Rumput Laut, Makanan Sehat Kaya Nutrisi

Home / Gaya Hidup / Ragam Manfaat Rumput Laut, Makanan Sehat Kaya Nutrisi
Ragam Manfaat Rumput Laut, Makanan Sehat Kaya Nutrisi Rumput Laut. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESBANDUNG, JAKARTA – Rumput laut merupakan salah satu makanan sehat yang memiliki kandungan gizi penting untuk kesehatan tubuh. Semangkuk rumput laut mentah atau rumput laut wakame memiliki mengandung kurang dari 20 kalori. Apa saja manfaat rumput laut untuk tubuh?

Ada tiga jenis rumput laut yang umum dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat, yaitu nori yang biasa digunakan pada hidangan sushi, dan kombu sebagai bahan kaldu alami. Selain itu ada pula wakame yang biasa ditemukan dalam sajian salad dan supti. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat mengomsumsi rumput laut.

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Salah satu kandungan karbohidrat dalam rumput laut memiliki nama fucans. Sebuah penelitian pada hewan mendapatkan hasil bahwa fucans yang diekstrak dari rumput laut mampu mencegah terjadinya pembekuan darah, yang merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan serangan jantung.

2. Mengoptimalkan kinerja kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid melepaskan hormon untuk membantu mengendalikan pertumbuhan, produksi energi, reproduksi, dan perbaikan sel-sel yang rusak pada tubuh. Proses tersebut membutuhkan sejumlah yodium, yang bisa Anda temukan pada rumput laut. Selain yodium, rumput laut juga mengandung asam amino bernama tirosin. Senyawa tersebut juga bermanfaat untuk menunjang fungsi tiroid.

3. Membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan

Beberapa jenis rumput laut, seperti rumput laut cokelat, mengandung pigmen fucoxanthin, yang dapat membantu metabolisme tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Food Chemistry, ditemukan bahwa alginat (serat alami yang terdapat pada rumput laut cokelat) dapat membantu sekitar 75 persen untuk menghalangi penyerapan lemak pada usus.

4. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Rumput laut kaya akan vitamin K. Vitamin ini berkoordinasi dengan trombosit. Vitamin K akan mengirim sinyal kimia di mana trombosit mengumpulkan darah dan membekukannya, sehingga saat Anda terluka, luka tersebut akan berhenti mengalir. Anda bisa memilih jenis rumput mana pun, namun perlu diketahui bahwa wakame memiliki kandungan vitamin K yang lebih sedikit.

5. Menguatkan tulang dan gigi

Rumput laut terdiri dari 60 mg kalsium, sekitar 6 persen dari kebutuhan kalsium harian. Kalsium sangat bermanfaat untuk mengutkan tulang dan gigi.

6. Memperlambat penyebaran kanker payudara

Penelitian baru-baru ini menemukan sayuran laut dapat mengatur kadar estrogen, sehingga risiko terkena kanker payudara pun berkurang. Namun, bukan berarti rumput laut ini digunakan sebagai pengobatan berbagai penyakit, atau menjamin perlindungan terhadap penyakit.

Itu dia beberapa manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh Anda. Meski makanan sehat ini kaya manfaat, pastikan Anda tetap memperhatikan porsi agar tidak berlebihan saat mengonsumsi rumput laut. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com