Bahaya! Jangan Dimakan Mentah 6 Makanan Ini

Home / Gaya Hidup / Bahaya! Jangan Dimakan Mentah 6 Makanan Ini
Bahaya! Jangan Dimakan Mentah 6 Makanan Ini ILUSTRASI - Toge atau kecambah lebih baik tidak dimakan mentah. (FOTO: Emeron)

TIMESBANDUNG, JAKARTA – Beberapa makanan memang enak dimakan mentah atau tanpa dimasak terlebih dulu. Sayangnya, tak semua makanan itu boleh dimakan mentah. Ada beberapa makanan mentah yang tidak boleh dimakan karena bisa menimbulkan penyakit. Berikut ini 6 makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam kondisi mentah.

1. Kentang

Kentang yang belum dimasak ini mengandung pati yang resisten. Maksudnya, pati ini tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehingga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Tidak hanya dilihat dari pati saja, bakteri pada kentang mentah dapat mengkontaminasi tubuh Anda. Jika hal ini dibiarkan, tentu akan berdampak pada kesehatan Anda.

2. Toge atau kecambah

Makan kecambah dalam keadaan mentah ternyata dapat membahayakan tubuh Anda. Hal tersebut dikarenakan pada tauge mentah menjadi sasaran bakteri yang cukup beracun, contohnya, salmonella, E.coli, dan listeria. Ketiganya berperan besar menjadi penyebab berbagai penyakit yang cukup serius, seperti diare, demam, dan perut kram.

3. Kacang merah

Kacang merah sebenarnya memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, apabila dimasak sampai matang. Jika Anda memakannya mentah-mentah, tentu terdapat risiko yang cukup tinggi dan berefek pada kesehatan Anda.

Racun yang ada pada kacang merah, yaitu Phytohaemagglutinin atau lektin kacang merah tetap akan bertahan di sana sampai kacangnya matang. Lektin ini mengandung racun bernama hau atau hemagglutinating, sebanyak 20.000 s/d 70.000.

Racun sebanyak itu bisa membuat Anda mual hingga muntah setelah mengonsumsinya. Selain itu, Anda juga bisa mengalami diare dan nyeri perut.

4. Madu

Ternyata, madu dalam keadaan mentah tidak baik dikonsumsi, terutama untuk anak kecil. Walaupun sekarang ini mudah sekali menemukan madu mentah di toserba, ternyata kandungan grayanotoxinnya berbahaya bagi tubuh. Anda bisa merasakan lemas yang amat sangat, mual hingga muntah, hipertensi, dan kepala pusing.

5. Akar yucca

Tanaman dengan akar bertepung ini ternyata juga tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah. Hal tersebut dikarenakan kandungan sianida pada daunnya bisa menimbulkan berbagai gejala penyakit seperti mual dan muntah, kepala pusing, lidah terasa pahit, dan sakit perut

Biasanya, akar yucca digoreng, direbus, atau dihaluskan sebelum dimakan. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan racun dan bakteri yang ada di daun yang mencapai akarnya.

6. Susu

Susu mentah masuk dalam kategori makanan yang tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah. Menurut CDC atau setara dengan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, susu yang belum dipasteurisasikan berbahaya bagi tubuh Anda. Hal ini dikarenakan terdapat bakteri yang bisa membahayakan nyawa Anda, seperti, Brucella, Campylobacter, Salmonella, E.Coli, dan Listeria 

Kelimanya tentu tidak asing lagi sebagai pemicu diare, kram perut, dan mual hingga muntah. Tidak hanya itu, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa saja terkena penyakit GBS (sindrom guillain bare). Penyakit ini mampu membuat Anda lumpuh, gagal ginjal, stroke, hingga meninggal dunia.

Itulah makanan yang tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah. Usahakan untuk tetap menghindari makanan mentah tersebut demi kesehatan Anda. Jika Anda terlanjur memakannya, segera datangi dokter atau rumah sakit terdekat untuk perawatan lebih lanjut. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com