Bermain Ponsel Sebelum Tidur Sebabkan Insomnia, Ini Penjelasannya

Home / Gaya Hidup / Bermain Ponsel Sebelum Tidur Sebabkan Insomnia, Ini Penjelasannya
Bermain Ponsel Sebelum Tidur Sebabkan Insomnia, Ini Penjelasannya Ilustrasi - Benarkah Main Ponsel Sebelum Tidur bisa Sebabkan Insomnia? (FOTO: TORWAISTUDIO/Shutterstock)

TIMESBANDUNG, JAKARTA – Bermain ponsel dapat menjadi aktivitas yang adiktif. Bila sudah memegang ponsel, rasanya sulit untuk berhenti dan menyingkirkan ponsel jauh-jauh. Bahkan, kebiasaan ini bisa terbawa saat akan tidur. Padahal, aktivitas bermain ponsel dapat membuat waktu tidur menjadi tertunda dan waktu tidur menjadi berkurang. Yang lebih buruk lagi, bermain ponsel sebelum tidur bisa sebabkan insomnia.

Hal ini karena stimulasi dari ponsel akan membuat otak menjadi "aktif" sehingga menjadi sulit untuk tidur. Penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 2017 juga mendukung hal yang sama.

Studi yang dilansir di International Journal of Enviromental Research and Public Health ini meneliti 295 remaja usia 15-19 tahun yang menggunakan ponsel sebelum tidur dan kaitannya pada insomnia atau susah tidur.

Hasilnya, penggunaan ponsel berlebihan (lebih dari 5 jam setiap hari) dapat meningkatkan risiko insomnia. Responden yang bermain ponsel lebih dari 5 jam setiap hari, 61,3 persen melaporkan baru dapat tidur setelah tengah malam dan 67,8 persen tidur kurang dari 6 jam setiap harinya.

Sehingga, bisa disimpulkan bahwa bermain ponsel dapat berpengaruh pada kebiasaan tidur serta menurunkan kualitas tidur seseorang.

Bahkan berdasarkan studi lain yang dipublikasikan di jurnal Cyberpsychology, Behavior and Social Networking menyebutkan bahwa tak hanya dapat sebabkan insomnia, kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur juga bisa meningkatkan risiko kecemasan dan depresi.

Salah satu faktor penyebab insomnia karena bermain ponsel sebelum tidur adalah sinar biru yang dihasilkan oleh ponsel yang menyebabkan susah untuk tidur.

Seperti dilansir pada jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, disebutkan bahwa sinar biru yang dihasilkan oleh ponsel (dan gawai digital lainnya) dapat menekan produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur siklus tidur.

Agar Anda tak mengalami insomnia dan memiliki kualitas tidur yang baik, sebaiknya hindari kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur Kualitas tidur yang baik bisa membuat tubuh lebih sehat dan menunjang aktivitas sehari-hari. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com