Selain Imunisasi, Lakukan Langkah Ini untuk Mencegah Difteri

Home / Gaya Hidup / Selain Imunisasi, Lakukan Langkah Ini untuk Mencegah Difteri
Selain Imunisasi, Lakukan Langkah Ini untuk Mencegah Difteri ILUSTRASI - Memakai Masker. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESBANDUNG, JAKARTA – Difteri adalah infeksi bakteri pada hidung dan tenggorokan. Bila tidak ditangani, bakteri difteri bisa mengeluarkan racun yang dapat merusak sejumlah organ, seperti jantung, ginjal, atau otak. Difteri tergolong penyakit menular berbahaya dan berpotensi mengancam jiwa. Langkah utama mencegah difteri adalah melalui imunisasi.

Meski pencegahan utamanya adalah lewat imunisasi, difteri akan lebih optimal bila Anda melakukan langkah-langkah perlindungan lainnya seperti berikut.

1. Pakai masker

Difteri dapat menyebar dari penderita ke orang lain lewat udara atau air liur (droplet) yang secara tidak disengaja terpapar. Lalu, masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menggunakan masker saat berada di tempat ramai.

2. Jangan berbagi barang dengan orang lain

Bakteri difteri yang dapat menular melalui cairan tubuh seperti air liur sangat berpotensi menyebar. Apalagi kalau Anda berbagi barang dengan pengidap difteri, peralatan makan, mandi, dan pakaian. Itu sebabnya, jangan pinjam barang tersebut dan sebaliknya.

3. Rajin mencuci tangan

Meski sederhana, cuci tangan dampaknya sangat besar bagi kesehatan. Apalagi jika Anda sering bertemu dan berinteraksi dengan orang baru atau memegang benda yang banyak disentuh orang lain.

4. Tahu etika batuk dan bersin

Tutup hidung dan mulut dengan menggunakan tisu saat batuk dan bersin. Bila tak ada tisu, tutupi dengan lengan atau bagian dalam siku. Kebiasaan ini tak hanya penting untuk mencegah penularan.

Namun juga, mencegah kuman bertebaran di lingkungan dan menempel pada perabot, sehingga dapat menjadi sumber penularan penyakit. Ajari etika ini kepada anak-anak sedini mungkin.

5. Menjaga kebersihan lingkungan

Berkembangnya bakteri difteri juga sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan yang tidak bersih. Jadi, selalu pastikan keadaan lingkungan Anda tidak menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri difteri untuk berkembang biak.

6. Pola makan sehat

Dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi lengkap, Anda dapat menjaga imunitas tubuh agar tetap baik dalam melawan berbagai kuman penyebab penyakit, termasuk penyebab difteri.

7. Olahraga teratur

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan jumlah sel darah putih, yang berfungsi untuk menangkal berbagai kuman yang dapat menimbulkan penyakit.

8. Cek kesehatan secara rutin

Langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah difteri adalah melakukan cek kesehatan. Melakukan pemeriksaan kesehatan diri secara rutin bertujuan untuk memastikan kondisi tubuh selalu dalam kondisi yang optimal dan Anda benar-benar bebas dari difteri  (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com